Kamis, 13 Oktober 2011

ANGGARAN KOMPREHENSIF

SEBAB PERUSAHAAN MENYUSUN ANGGARAN SECARA PARSIAL
·         PERUSAHAAN TIDAK MEMPUNYAI KEMAMPUAN UNTUK MEMBUAT ANGGARAN SECARA KESELURUHAN KARENA TIDAK ADANYA SKILL SEHINGGA ANGGARAN DIBUAT SEBAGIAN YANG DIPERLUKAN SAJA
·         TIDAK TERSEDIANYA DAYA YANG LENGKAP TENTANG KESELURUHAN BAGIAN DALAM PERUSAHAAN.
·         KEKURANGAN BIAYA UNTUK  MEMBUAT ANGGARAN YANG LENGKAP SEHINGGA DISUSUN ANGGARAN YANG PERLU SAJA
PEDOMAN UMUM YG DIGUNAKAN DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN KOMPREHENSIF
·         MENGADAKAN SPESIFIKASI  TERHADAP TUJUAN YANG  LUAS DARIPADA PERUSAHAAN
·         MEMPERSIAPKAN RENCANA- RENCANA PENDAHULUAN  SECARA KESELURUHAN
·         MENYUSUN RENCANA JANGKA  PANJANG DAN JANGKA PENDEK
KOMPONEN ANGGARAN KOMPREHENSIF
·         SUBSTANTIVE PLAN
·         FINANCIAL PLAN
SUBSTANTIVE PLAN
§  RENCANA YANG MENCERMINKAN TUJUAN APA YANG INGIN DICAPAI OLEH SUATU PERUSAHAAN BAIK DALAM JANGKA PENDEK MAUPUN JANGKA PANJANG, STRATEGI YANG DIPAKAI SERTA ASUMSIKANNYA.
§  SEDAPAT MUNGKIN DISUSUN DALAM BENTUK YANG FORMAL SEHINGGA DAPAT DIJADIKAN PEDOMAN YANG SUNGGUH-SUNGGUH BAGI PERUSAHAAN
FINANCIAL PLAN
v  ANGGARAN JANGKA PANJANG  (STRATEGIC PLAN)
v  ANGGARAN TAHUNAN  (TACTICAL PLAN)
ANGGARAN TAHUNAN
A.    ANGGARAN OPERASIONAL
a.     ANGGARAN PROYEKSI L/R
b.    ANGGARAN PEMBANTU LAP. L/R
                                          i.    ANGG. PENJUALAN
                                         ii.    ANGG. PRODUKSI
                                        iii.    ANGG. BIAYA DISTRIBUSI
                                        iv.    ANGG. BIAYA UMUM DAN ADM
                                         v.    ANGG. TYPE APPROPRIASI
B.    ANGGARAN KEUANGAN

ANGGARAN PENJUALAN
ü  MENGGAMBARKAN REVENUE  YANG AKAN DITERIMA  SEBAGAI AKIBAT DARI  PENJUALAN PADA PERIODE  YANG AKAN DATANG
o    JENIS PRODUK YANG DIJUAL
o    VOLUME PRODUK YANG DIJUAL
o    HARGA PRODUK PER SATUAN
o    WILAYAH PEMASARAN
ANGGARAN PRODUKSI
Ø  MEMPERHATIKAN SEGALA KEGIATAN PRODUKSI, YANG DIPERLUKAN UNTUK MENUNJANG ANGGARAN PENJUALAN YANG TELAH DISUSUN
o    ANGG. JUMLAH YG HARUS DIPRODUKSI
o    ANGG. BAHAN MENTAH
o    ANGG. TENAGA KERJA LANGSUNG
o    ANGG. BIAYA OVERHEAD PABRIK (semua biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk, selain biaya materi dan biaya tenaga kerja langsung)
ANGGARAN BIAYA  DISTRIBUSI
Ø  MENCAKUP SEMUA BIAYA YANG DIKELUARKAN OLEH PERUSH. DLM HUBUNGANNYA DENGAN KEGIATAN MEMASARKAN PRODUK
o    BIAYA UNTUK SALESMAN, SUPERVISOR, DAN TENAGA PENJUALAN LAINNYA
o    ONGKOS PENGANGKUTAN
o    BIAYA-BIAYA
§  BIAYA TRANSPORT
§  BIAYA PENGINAPAN
§  BIAYA MAKAN
o    BIAYA ADVERTENSI
o    DEPRESIASI PERALATAN DISTRIBUSI
o    BIAYA ADM PENJUALAN
o    BIAYA ASURANSI
BIAYA UMUM DAN ADMINISTRASI
Ø  BERISI SEMUA BIAYA YANG DIKELUARKAN OLEH PERUSAHAAN UNTUK DIREKSI DAN STAFNYA, BAGIAN KEUANGAN DAN BAGIAN ADMINISTRASI
o    BIAYA ADM : BIAYA YG DIKELUARKAN OLEH PERUSAHAAN U KEGIATAN PENUNJANG USAHA PERUSAHAAN DI LUAR KEGIATAN PABRIK
o    MEMBENTUK ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL (OPERATING EXPENSES BUDGET)
ANGGARAN TYPE APPROPRIASI
Ø  BIAYA YANG DAPAT  DIKATEGORIKAN SEBAGAI  BAGIAN DARI ANGGARAN- ANGGARAN SEBELUMNYA,  MISAL
o    ANGGA. PEMELIHARAAN
o    ANGGA. PENELITIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar